Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan Mental Dan Fisik

Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan Mental Dan Fisik

Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan Mental Dan Fisik


Musik merupakan hal yang tidak bisa lepas dari aktivitas kita sehari, baik itu yang memang hobi terhadap musik maupun yang tidak. Music sering diputar dimana pun dan kapanpun. Musik bisa sebagai pengiring sebuah film, pengiring tarian, atau bahkan hanya sekedar diputar hanyak untuk membuat suasana ramai



Terkadang music yang diputar tergantung suasana hati seseotang. Pada music mengandung ungakapan hati seseorang yang membuatnya. Dan kadang relevan dengan yang mendengarkan. Tidak heran jika music sering dijadikan pendamping ketika beraktivitas.



Namun tahukah anda ? bagi kalian yang suka mendengarkan music, ternyata ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika memutar sebuah music. Penasaran dengan apa saja manfaatnya ? berikut ini beberapa manfaat dari mendengarkan music.



Manfaat Mendengarkan Musik

Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan Mental Dan Fisik
Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan Mental Dan Fisik

1. Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stress

Manfaat mendengarkan music yang pertama adalah dapat memperbaiki mood dan mengurangi stress. Sudah menjadi kebiasaan banyak orang, ketika dalam suasana hati tertentu, seseorang akan mendengarkan music yang sesuai dengan moodnya ketika itu. Tapi tidak jarang seseorang memutar music untuk membangkitkan mood mereka. Orang-orang akan meutar music yang cenderung membawa nuansa semangat. 



Disamping itu dengan mendengarkan music dapat membantu meredakan kan stress. Music dapat membuat pikiran seseorang menjadi tenang. Putarlah music-musik yang bertempo lambat namun memiliki makan-makna tentang kehidupan yang dapat membantu meredakan stress.



2. Menigkatkan Fungsi Pembuluh Darah

Sebuah penelitian menemukan bahawa secara psikologis fungsi pembuluh darah  anda akan meningkat ketika sedang mendengarkan music bahagia. Hal itu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.  Karena terjadi peningkatan aliran darah yang menuju jantung dan tekanan darah menjadi berkurang.



3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Terkadang gendre music tertentu mebuat seseorang mudah merasa mengantuk. Music-musik yang bertempo lambat dan pembawaannya lembut membuat tubuh seseorang menjadi lebih relex. Hal ini akan membuat sesorang menjadi lebih mudah untuk tidur. Dan tentu tidur seseorang menjadi lebih nyenyak.



4. Dapat Mengatur Jumlah Makan Seseorang

Biasanya ketika seseorang mendengarkan music yang bertempo lambat, biasanya seseorang cenderung makan lebih lama dan lebih sedikit. Namun sebaliknya, ketika seseorang makan sambil mendengarkan music yang gembira, orang itu akan cenderung makan lebih cepat dan banyak. 



5. Meningkatkan System Imun

Jenis jenis music tertentu dapat membangkitkan emosi positif seseorang. Emosi positif ini dapat mendorong meningkatnya produksi hormone-hormon peningkat system imun tubuh. Ditambah lagi mendengarkan music sambil berolah raga. Hal ini tentu dapat membantu seseorang unutk terhindar dari terserang penyakit. Oleh karena itu dengarkanlah music-musik yang membangkitkan emosi positif.



6. Mempengaruhi Gelombang Otak

Music menghasilkan suara. Dan suara menghasilkan getaran gelombang. Gelombang suara yang dihasilkan music ini dapat merangsang gelombang otak. Seperti yang sudah dilaporkan dalam penelitian medis, gelombang suara itu tergantung dari jenis music yang didengar yang dapat merangsang gelombang otak.




Itulah tadi beberapa manfaat dari mendengarkan music bagi kesehatan fisik dan mental. Bagi sebagian besar orang mendengarkan music hal yang wajib, jadi tidak heran meraka dapat meraskan manfaatnya tampa disadarinya. Jadi manfaat mana yang sudah kalian rasakan sahabatku ?





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel